menampilkan kecepatan internet di windows

Teknologi: Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Windows

Menampilkan Kecepatan Internet dengan Menggunakan Tools Bawaan Windows

Bagi banyak pengguna Windows, menampilkan kecepatan internet dapat menjadi sesuatu yang sangat diperlukan. Dengan mengetahui kecepatan internet, pengguna dapat mengukur efisiensi jaringan internet mereka, dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

Kebanyakan pengguna tidak menyadari bahwa Windows sebenarnya sudah menyediakan tool bawaan yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan kecepatan internet tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Tool ini dapat diakses dengan mudah dan memiliki interface yang cukup user-friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Berikut ini adalah cara mudah untuk menampilkan kecepatan internet menggunakan tool bawaan Windows:

  1. Buka Task Manager: Pertama-tama, klik tombol “Ctrl + Shift + Escape” pada keyboard untuk membuka Task Manager
  2. Pilih Tab Performance: Di dalam Task Manager window, pilih tab “Performance”
  3. Pilih Ethernet: Pada tab Performance, pilih “Ethernet” di bawah “CPU, Memory, Disk, and Ethernet” untuk menampilkan kecepatan internet saat ini dari koneksi ethernet yang aktif.
  4. Pilih Wi-Fi: Jika pengguna ingin menampilkan kecepatan dari koneksi wifi yang aktif, maka pada langkah ketiga, pilih “Wi-Fi” di bawah “CPU, Memory, Disk, and Wi-Fi”. Setelah itu, kecepatan internet akan terlihat pada tab Performance.

Dengan menggunakan fitur bawaan Windows ini, para pengguna dapat dengan mudah melacak kecepatan internet mereka, dan membuat perubahan yang dibutuhkan agar efektivitas internet dapat ditingkatkan.

speed test image

Bagi pengguna yang ingin tahu lebih lanjut tentang kecepatan internet mereka, lanjut ke subtopik berikutnya untuk mendapatkan informasi tentang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menampilkan kecepatan internet.

Menggunakan Task Manager untuk Melihat Kecepatan Internet di Windows

Memiliki koneksi internet yang cepat menjadi sangat penting, terlebih jika Anda sering melakukan pekerjaan yang memerlukan jaringan internet. Salah satu cara untuk memastikan koneksi internet yang Anda miliki berjalan lancar adalah dengan memantau kecepatan internet di komputer Anda. Bagaimana cara melakukannya?

Sebenarnya, menggunakan tools bawaan Windows bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menggunakan Task Manager untuk melihat kecepatan internet yang sedang terjadi pada komputer Anda. Tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, cukup menggunakan Task Manager yang sudah tersedia pada Windows.

Task Manager Screenshot

Bagaimana cara melihat kecepatan internet di Task Manager?

  1. Buka Task Manager pada komputer Anda. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan atau bisa juga menggunakan keyboard shortcut Ctrl + Alt + Del kemudian pilih Task Manager.
  2. Pilih tab Performance.
  3. Pilih Ethernet atau Wi-Fi tergantung pada jenis koneksi internet yang sedang digunakan.
  4. Pada bagian bawah, Anda akan melihat grafik yang menunjukkan penggunaan koneksi internet pada komputer Anda.
  5. Pada bagian sebelah kanan grafik, Anda juga dapat melihat kecepatan internet yang sedang terjadi pada komputer Anda. Kecepatan internet ini ditampilkan dalam bentuk Mbps (megabit per detik).

Setelah melihat kecepatan internet yang sedang terjadi pada komputer Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan koneksi internet yang dimiliki:

  • Tutup aplikasi atau program yang tidak sedang digunakan. Aplikasi tersebut bisa jadi memberatkan koneksi internet dan membuatnya menjadi lambat.
  • Periksa router atau modem yang digunakan. Kadang-kadang masalah pada perangkat tersebut bisa mempengaruhi koneksi internet. Matikan perangkat selama beberapa saat, lalu hidupkan kembali untuk memperbaikinya.
  • Periksa jaringan Wi-Fi yang digunakan. Pastikan jarak antara komputer atau perangkat dan router tidak terlalu jauh. Jarak yang terlalu jauh bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lemah.
  • Upgrade paket internet yang digunakan. Paket internet dengan kecepatan yang lebih tinggi bisa membantu meningkatkan koneksi internet yang dimiliki.

Dengan menggunakan Task Manager, Anda dapat dengan mudah melihat kecepatan internet yang sedang terjadi pada komputer Anda dan melakukan perbaikan jika terjadi masalah. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tools bawaan Windows yang sudah disediakan untuk memudahkan Anda dalam memantau koneksi internet yang dimiliki.

Pengaturan NetSpeedMonitor

Jika Anda sudah memasang NetSpeedMonitor pada Windows Anda, mungkin Anda juga ingin mengatur tampilan dan unit pengukuran yang digunakan agar lebih sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah informasi mengenai cara mengatur NetSpeedMonitor.

NetSpeedMonitor settings

Ukuran tampilan

Anda dapat mengatur ukuran tampilan NetSpeedMonitor agar lebih besar atau lebih kecil. Caranya, klik kanan pada panel NetSpeedMonitor dan pilih Properties. Pada tab General, Anda dapat mengatur Width dan Height dengan ukuran pixel yang Anda inginkan. Jika Anda ingin memperkecil atau memperbesar tampilan secara proporsional, Anda juga dapat mengoreksi angka Scale.

Unit pengukuran

NetSpeedMonitor menyediakan beberapa pilihan unit pengukuran yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Untuk mengatur unit pengukuran, klik kanan pada panel NetSpeedMonitor dan pilih Properties. Pada tab General, Anda dapat memilih salah satu unit pengukuran berikut:

  • Kilobit
  • Kilobyte
  • Megabit
  • Megabyte
  • Gigabit
  • Gigabyte

Pilihan unit ini sangat berguna untuk mengukur seberapa cepat atau lambat koneksi internet Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan koneksi broadband dengan kecepatan 50 Mbps, Anda dapat memilih unit Megabit agar dapat dengan mudah melihat kecepatan internet Anda.

Warna tampilan

Jika Anda merasa bosan dengan tampilan standar NetSpeedMonitor, Anda dapat mengubah warna tampilannya dengan mudah. Caranya, klik kanan pada panel NetSpeedMonitor dan pilih Properties. Pada tab Colors, Anda dapat memilih warna netral atau warna yang lebih cerah. Anda juga dapat mengatur tingkat opacity untuk mengatur transparansi panel.

Menampilkan informasi tambahan

NetSpeedMonitor tidak hanya menampilkan kecepatan internet, tapi juga menyajikan informasi detail mengenai koneksi internet Anda. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan informasi detail ini sesuai kebutuhan. Caranya, klik kanan pada panel NetSpeedMonitor dan pilih Properties. Pada tab General, Anda dapat memilih informasi tambahan yang ingin ditampilkan:

  • Hostname
  • Latency
  • Bytes sent/received
  • Koneksi aktif

Dengan menampilkan informasi tambahan ini, Anda dapat mengawasi koneksi internet Anda lebih efektif dan mengambil tindakan jika diperlukan.

Memperbesar tampilan

Saat bekerja, Anda mungkin ingin memperbesar tampilan NetSpeedMonitor untuk memudahkan melihat kecepatan internet. Caranya, klik kanan pada panel NetSpeedMonitor dan pilih Zoom In atau tekan tombol Ctrl+Shift+Z pada keyboard Anda. Untuk memperkecil tampilan, Anda dapat mengikuti langkah yang sama dan memilih Zoom Out atau menekan tombol Ctrl+Shift+X.

Demikian informasi mengenai cara mengatur tampilan NetSpeedMonitor. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam memantau kecepatan internet Anda.

Keuntungan Menggunakan NetSpeedMonitor

Jika Anda ingin mengetahui kecepatan internet yang Anda gunakan saat ini, Windows menyediakan alat bantu bawaan berupa Task Manager. Namun, jika Anda membutuhkan informasi yang lebih detail, NetSpeedMonitor adalah software yang tepat untuk Anda gunakan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan NetSpeedMonitor:

1. Kemudahan Penggunaan

NetSpeedMonitor sangat mudah digunakan. Setelah Anda menginstal software ini, penggunaannya sangat intuitif. Anda dapat dengan mudah mengetahui kecepatan internet Anda langsung dari taskbar Windows. NetSpeedMonitor juga menyediakan tampilan grafis yang intuitif sehingga Anda dapat mengetahui kecepatan internet Anda dengan mudah dan cepat.

contoh tampilan NetSpeedMonitor

2. Tampilan Kecepatan Download dan Upload Terpisah

Dibandingkan dengan Task Manager, NetSpeedMonitor menampilkan informasi yang lebih detail seperti kecepatan download dan upload secara terpisah. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kecepatan download dan upload Anda secara terpisah dan akurat. Hal ini sangat berguna jika Anda ingin mengetahui penyebab kecepatan internet Anda yang lambat.

3. Memiliki Fitur Pengukur Bandwidth

NetSpeedMonitor juga dilengkapi dengan fitur pengukur bandwidth. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengetahui berapa banyak bandwidth yang telah Anda gunakan dalam periode waktu tertentu. Anda dapat mengatur NetSpeedMonitor untuk menampilkan penggunaan bandwidth Anda dalam periode harian, mingguan, atau bulanan.

4. Memiliki Grafik Statistik

NetSpeedMonitor menyediakan grafik statistik yang membantu Anda memonitor kecepatan internet Anda dengan mudah. Grafik ini menampilkan informasi seperti kecepatan upload, kecepatan download, dan penggunaan bandwidth Anda selama periode tertentu. Anda dapat mengatur NetSpeedMonitor untuk menampilkan grafik statistik harian, mingguan, dan bulanan.

5. Mendukung Berbagai Jenis Koneksi Internet

NetSpeedMonitor mendukung berbagai jenis koneksi internet, termasuk koneksi dial-up, koneksi kabel, dan koneksi nirkabel. Hal ini membuat NetSpeedMonitor menjadi software yang sangat fleksibel dan cocok untuk berbagai jenis pengguna.

Dalam dunia saat ini, kecepatan internet sangatlah penting. Koneksi internet yang lambat bisa mempengaruhi produktivitas Anda, terutama jika Anda bergantung pada internet untuk pekerjaan sehari-hari. Dengan menggunakan NetSpeedMonitor, Anda dapat dengan mudah memantau kecepatan internet Anda dan memastikan bahwa Anda selalu mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Kurangnya Keamanan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak aplikasi pihak ketiga yang beredar di internet dan dapat diunduh secara gratis. Namun, pengguna perlu berhati-hati saat menggunakan aplikasi tersebut karena adanya potensi masalah keamanan seperti malware atau virus.

Malware adalah program berbahaya yang dapat merusak sistem atau mencuri data pribadi pengguna. Virus adalah program yang dapat menyebar ke sistem lain melalui penggunaan aplikasi yang sama. Kedua jenis program ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada sistem dan data pengguna.

Untuk menghindari masalah keamanan ini, pengguna perlu memilih aplikasi dari sumber terpercaya dan menginstal software antivirus di komputer mereka. Selain itu, pengguna juga harus membaca dengan seksama syarat dan ketentuan serta izin akses aplikasi sebelum menginstalnya.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan oleh pengguna untuk memastikan keamanan aplikasi pihak ketiga. Pertama-tama, hindari mengunduh aplikasi dari situs web yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Selain itu, pastikan bahwa aplikasi tersebut adalah versi yang sah dan tidak diubah secara ilegal.

Setelah mengunduh aplikasi, pastikan bahwa pengguna membaca dengan seksama syarat dan ketentuan aplikasi sebelum menginstalnya. Jangan memberikan izin akses pada aplikasi jika tidak diperlukan. Pastikan juga bahwa antivirus diperbarui secara berkala untuk melindungi sistem dan data dari malware dan virus.

Saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, cermati tampilan antarmukanya. Jika ada tindakan yang mencurigakan seperti permintaan akses yang tidak perlu atau tampilan yang tidak biasa, segera hentikan penggunaan aplikasi tersebut.

Selain itu, pastikan bahwa aplikasi yang digunakan selalu di-update ke versi terbaru. Versi terbaru biasanya memiliki perbaikan keamanan dan bug yang dapat melindungi pengguna dari masalah keamanan yang lebih serius.

Jangan biarkan keamanan menjadi hal yang diabaikan dalam penggunaan aplikasi pihak ketiga. Dengan memperhatikan tips-tips ini, pengguna bisa menikmati penggunaan aplikasi dengan aman dan nyaman.

Aplikasi Pihak Ketiga

1. Menggunakan Tools Bawaan Windows

Windows menyediakan tool bawaan yang bisa digunakan untuk menampilkan kecepatan internet, yaitu Resource Monitor dan Task Manager. Resource Monitor dapat menampilkan penggunaan CPU, Memory, Disk, dan Network. Dalam bagian Network, pengguna dapat melihat kecepatan download dan upload.

Cara membuka Resource Monitor adalah dengan menekan tombol Windows + R, kemudian mengetik “resmon” pada kotak dialog yang muncul dan tekan enter. Setelah Resource Monitor dibuka, buka tab “Network” dan scroll ke bawah untuk melihat tabel yang menampilkan Network Activity.

Sedangkan Task Manager dapat menampilkan penggunaan CPU, Memory, dan Network. Pengguna dapat melihat kecepatan download dan upload pada tab “Performance”.

Cara membuka Task Manager adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc atau Ctrl + Alt + Del kemudian memilih “Task Manager”.

2. Menggunakan Command Prompt

Pengguna juga dapat menampilkan kecepatan internet menggunakan Command Prompt. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka Command Prompt kemudian mengetikkan perintah “netstat -e” dan tekan enter. Perintah tersebut akan menampilkan statistik penggunaan jaringan pada Windows, termasuk kecepatan download dan upload.

3. Menggunakan Windows PowerShell

Pengguna juga dapat menampilkan kecepatan internet menggunakan Windows PowerShell. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka Windows PowerShell kemudian mengetikkan perintah “Get-NetAdapterStatistics”. Perintah tersebut akan menampilkan informasi terkait adapter jaringan pada Windows, termasuk kecepatan download dan upload.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga: NetSpeedMonitor

NetSpeedMonitor adalah aplikasi pihak ketiga yang juga bisa digunakan untuk menampilkan kecepatan internet di Windows. Aplikasi ini menampilkan kecepatan download dan upload secara real-time pada taskbar. Selain itu, pengguna bisa melihat informasi terkait penggunaan data dan quota, serta riwayat penggunaan internet. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui situs resminya.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga: DU Meter

DU Meter adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang bisa digunakan untuk menampilkan kecepatan internet di Windows. Aplikasi ini menampilkan kecepatan download dan upload secara real-time pada taskbar atau dalam bentuk grafik pada desktop. Selain itu, pengguna bisa melihat statistik penggunaan internet, serta menetapkan batasan kecepatan download dan upload. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

6. Menyeimbangkan Beban Jaringan (Network Load Balancing)

Penggunaan beberapa sumber daya jaringan bisa meningkatkan kecepatan internet secara signifikan. Fitur Network Load Balancing pada Windows dapat digunakan untuk menyeimbangkan beban jaringan antara beberapa komputer atau server. Aplikasi ini memastikan bahwa lalu lintas jaringan didistribusikan secara merata pada semua komputer atau server yang terhubung. Dalam hal ini, kecepatan internet dapat ditingkatkan secara signifikan.

7. Merawat Koneksi Internet

Mempertahankan koneksi internet yang optimal juga penting. Beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan adalah:

  • Menghapus file sementara dan history pada browser secara berkala
  • Memperbarui driver jaringan secara teratur
  • Menjaga router dan modem dalam kondisi baik dan terbarui firmware-nya
  • Menghapus program yang tidak diperlukan pada startup
  • Menggunakan sambungan kabel ethernet daripada sambungan nirkabel (Wi-Fi) jika memungkinkan
  • Menjadwalkan update otomatis pada sistem operasi dan aplikasi
  • Menggunakan program antivirus yang terpercaya untuk melindungi sistem operasi dari serangan virus dan malware

Dengan menjaga kondisi jaringan dan melakukan perawatan secara berkala, pengguna dapat memaksimalkan koneksi internet dan meningkatkan kecepatannya.

Kesimpulan

Menampilkan kecepatan internet di Windows bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik menggunakan tool bawaan Windows atau aplikasi pihak ketiga seperti NetSpeedMonitor dan DU Meter. Selain itu, pengguna juga bisa menyeimbangkan beban jaringan atau merawat koneksi internet secara berkala untuk memaksimalkan kecepatan internet pada Windows.

Dalam memilih cara menampilkan kecepatan internet yang sesuai, pengguna perlu mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Dengan demikian, pengguna dapat mengoptimalkan koneksi internet sehingga dapat digunakan secara optimal dan memaksimalkan kecepatannya.

image of internet speed test

You May Also Like

About the Author: web_tfto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *