cara cek tanggal pembelian iphone

Cara Mudah Cek Tanggal Pembelian iPhone Anda

Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

Ketika kamu membeli iPhone, pasti ada perasaan lega setelah membayar mahal untuk mendapatkan produk baru. Namun, tahukah kamu kapan tepatnya tanggal pembelian iPhonemu? Informasi ini biasanya sangat diperlukan saat kamu mengajukan klaim garansi ataupun ingin menjual iPhone yang sudah tidak terpakai lagi.

Untuk mengetahui tanggal pembelian iPhone kamu, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan:

iPhone

Melalui menu “Garansi dan Reparasi”

Langkah pertama yaitu dengan membuka aplikasi “Settings” pada iPhone kamu. Aplikasi ini biasanya berada pada halaman awal ponselmu.

Selanjutnya, carilah menu “General” yang berada di bagian atas halaman aplikasi tersebut. Setelah menu “General” terbuka, gulirkan layar ke bawah hingga kamu menemukan menu “About”.

Setelah kamu masuk ke menu “About”, akan muncul beberapa informasi mengenai iPhone kamu seperti tipe iPhone, kapasitas penyimpanan, serta informasi mengenai software iPhone kamu.

Nah, pada informasi garansi dan dukungan, kamu bisa melihat tanggal pembelian iPhone kamu. Caranya cukup mudah, cukup klik atau sentuh menu “Garansi dan Perbaikan”, maka akan muncul detail garansi serta masa berlaku garansi dari iPhone kamu.

Dalam halaman garansi itu juga akan menampilkan tanggal pembelian iPhone kamu. Jadi, lebih baik kamu cek detail garansi ini dan simpan informasinya untuk keperluan masa depan.

Hal senada juga berlaku ketika kamu ingin mengecek masa berlaku garansi iPhone kamu. Kamu bisa melakukan pemeriksaan di halaman tersebut untuk mengetahui sampai kapan masa berlaku garansi iPhone kamu.

Namun, perlu kamu ingat bahwa untuk klaim garansi, notifikasi harus dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan oleh Apple dalam ketentuan garansinya. Jangan sampai kamu melewatkan waktu yang telah ditentukan karena bisa jadi garansi yang ada akan batal.

Selain menggunakan aplikasi Settings, kamu juga bisa mengecek tanggal pembelian iPhone menggunakan akun iCloud atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti iTools atau AnyTrans. Tapi, cara yang paling jelas dan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan iPhone yaitu Settings.

Jadi, itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tanggal pembelian iPhone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu mengetahui informasi yang diperlukan pada iPhone kamu. Jangan lupa untuk selalu merawat iPhonemu dengan baik agar bisa awet dan terus berfungsi dengan baik.

Bagaimana Cara Cek Tanggal Pembelian pada iPhone?

Jika kamu ingin mengecek kapan sebenarnya kamu membeli iPhone milikmu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama-tama, kamu bisa melihat tanggal pembelian pada nota atau kwitansi saat kamu membeli iPhone. Tanggal pembelian biasanya tertera pada tanda terima atau faktur yang kamu dapatkan dari penjual. Namun, jika kamu kehilangan nota atau kwitansi tersebut, tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara lain untuk mengetahuinya.

Metode kedua adalah dengan mengecek sistem Apple Care atau riwayat perbaikan di Apple Store terdekat. Kamu bisa mengunjungi toko tersebut dan meminta petugas untuk mengecek tanggal pembelian dari nomor seri iPhone milikmu. Namun, jika kamu tidak memiliki waktu untuk pergi ke toko, ada cara yang lebih mudah melalui website resmi Apple.

Metode ketiga adalah dengan menggunakan situs web resmi Apple untuk menemukan tanggal pembelian iPhone. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencari situs web Apple dan memasukkan nomor seri iPhone milikmu pada halaman cek garansi. Jika iPhone kamu masih dalam garansi resmi, maka informasi tanggal pembelian juga akan ditampilkan di layar.

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi iPhone kamu untuk mengetahui tanggal pembelian. Buka aplikasi Settings pada iPhone kamu, lalu ketuk menu General. Pada halaman General, gulir ke bawah dan cari menu about, di mana kamu bisa menemukan nomor seri iPhone. Cukup salin nomor seri tersebut dan masukkan ke situs web resmi Apple untuk mengetahui informasi tanggal pembelian.

Dengan mengetahui tanggal pembelian iPhone kamu, kamu bisa mengetahui apakah iPhone kamu masih dalam garansi resmi atau tidak. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan apakah kamu perlu membeli asuransi tambahan atau tidak.

gambar iPhone

Bagaimana Jika Tidak Dapat Menemukan Tanggal Pembelian di Aplikasi Settings?

Banyak dari kita pasti pernah mengalami kebingungan dalam menemukan tanggal pembelian iPhone kita. Terkadang, tanggal pembelian tersebut tidak tercantum secara jelas di aplikasi Settings dalam menu General > About. Namun, jangan khawatir karena kamu masih bisa menemukan tanggal pembelian tersebut dengan cara lain.

Mencari Tanggal Pembelian di Email Konfirmasi Pembelian

Jika kamu membeli iPhone secara online melalui Apple Store atau melalui penjual resmi seperti Lazada, Shopee, atau Tokopedia, kamu pasti akan mendapatkan email konfirmasi pembelian. Email tersebut akan memuat detail tentang pesanan yang kamu lakukan, termasuk tanggal pembelian iPhone kamu. Cara ini cukup efektif karena kamu tidak perlu ribet mencari-cari informasi di tempat lain.

email konfirmasi pembelian

Mencari Tanggal Pembelian di Bukti Pembelian Fisik

Jika kamu membeli iPhone secara langsung di toko fisik atau melalui penjual yang tidak dapat memberikan kamu email konfirmasi pembelian, maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari bukti pembelian fisik. Bukti pembelian tersebut umumnya berupa struk pembayaran atau faktur pembelian dan pasti mencantumkan tanggal transaksi.

bukti pembelian fisik

Bagi kamu yang telah kehilangan bukti pembelian tersebut, kamu masih bisa mencoba untuk menghubungi toko tempat kamu membeli iPhone dan meminta mereka untuk memberikan kamu salinan bukti pembelian.

Jadi, jika kamu tidak dapat menemukan tanggal pembelian iPhone di aplikasi Settings, kamu masih bisa mencarinya di email konfirmasi pembelian atau bukti pembelian fisik. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu menemukan tanggal pembelian iPhone kamu.

Bagaimana Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone?

Apabila kamu membeli iPhone dari toko resmi seperti iBox, Erafone, atau toko resmi Apple, kamu bisa memeriksa tanggal pembelian melalui struk atau kuitansi pembelian yang kamu dapatkan saat membeli. Tanggal pembelian biasanya tercetak jelas pada struk tersebut.

Namun, jika kamu membeli iPhone dari penjual online atau dari seseorang yang tidak terpercaya, struk atau kuitansi pembelian mungkin tidak ada atau tanggal pembelian yang tertera tidak dapat dipercaya. Sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan status garansi pada website Apple untuk memastikan tanggal pembelianmu.

Langkah-langkah untuk memeriksa tanggal pembelian dan status garansi di website Apple adalah sebagai berikut:

  1. Buka website https://checkcoverage.apple.com/
  2. Masukkan nomor seri iPhone kamu. Nomor seri bisa kamu temukan di Pengaturan > Umum > Tentang atau di bagian belakang casing iPhone.
  3. Setelah nomor seri terverifikasi, status garansi akan muncul di layar. Jika garansi masih aktif, tanggal pembelian dan masa aktif garansi juga akan tertera.
  4. Jika garansi sudah habis, tanggal pembelian tidak akan tertera. Namun, kamu masih dapat membawa iPhonemu ke service center Apple untuk diperbaiki dengan biaya yang harus kamu tanggung sendiri.

Apabila kamu kesulitan dalam memeriksa tanggal pembelian atau status garansi iPhone, kamu bisa menghubungi Apple Customer Support melalui telepon atau email yang tersedia di website mereka. Namun, pastikan kamu memiliki nomor seri iPhone terlebih dahulu sebelum menghubungi layanan pelanggan.

Perlu dicatat bahwa jika kamu membeli iPhone bekas dari seseorang, kamu harus lebih berhati-hati dalam memeriksa tanggal pembelian dan status garansi. Garansi resmi Apple hanya berlaku untuk pembeli pertama yang membeli iPhone dari toko resmi. Meskipun iPhonemu memiliki garansi resmi, kamu tidak dapat klaim garansi jika kamu bukan pembeli pertama atau tidak memiliki struk atau kuitansi pembelian yang sah.

Jadi, pastikan kamu memeriksa tanggal pembelian dan status garansi sebelum membawa iPhonemu ke service center Apple. Dengan mengetahui tanggal pembelian yang tepat, kamu dapat memanfaatkan fasilitas garansi resmi Apple dan menghindari biaya tambahan untuk perbaikan di luar garansi.

You May Also Like

About the Author: web_tfto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *